Kendari Sudah Masuk Daftar Langganan Banjir..?

Posted: 14 December 2013 in Sekitar Sultra, Umum
Tags: ,

Infowanapal – Kendari, Saya baru saja keluar dari lorong jalan kompleks perumahan Transmigrasi Nelayan Kelurahan Lapulu, setelah beberapa saat menunggui redanya hujan yang mengguyur hampir disemua wilayah Kota Kendari, tak lama berselang handphone BB butut milik saya berdering didalam rompi Columbia yang baru saya beli dari pasar loak dekat rumah, tanda pesan masuk dari ketua Wanapal sultra menanyakan posisi terakhir, tujuan saya sore ini memang menuju sekretariat Wanapal Sultra untuk bertemu dan sekedar sharing info terbaru atau perihal perkembangan seputar kegiatan-kegiatan Wanapal Sultra.

Setelah kurang lebih 10 menit diatas tunggangan besi CBR 250 R saya memutar arah melalui jalan bypass dari pertigaan Pelabuhan Perikanan Samudra dengan alasan ada perbaikan jalan disepanjang rute Anduonohu arah Kampus, sepanjang jalan hanya terlihat aspal yang basah tersiram hujan hampir sejam yang lalu dan serakan sampah yang meluber dari drainase yang mampet, tak terasa beberapa meter didepan saya sudah terlihat bundaran yang oleh masyarakat biasa disebut bundaran Stainless Steel mungkin karna hanya potongan besi tahan karat itu saja yang menjadi penghias bagian tengah bundaran tersebut, kemudian saya berbelok arah ke kiri menuju pasar baru dan langsung kearah baruga namun belum jauh saya meninggalkan bundaran Stainless Steel saya kaget ketika jalan yang sering saya lewati tergenang air yang menutupi hampir seluruh badan jalan lumayan tinggi genangan yang tertinggal setelah hujan yang mengguyur yang menurut saya tidak cukup lama untuk menggenangi  jalan dengan ketinggian kira-kira 30-60 cm, setelah melewati genangan air tersebut sambil mengangkat kaki agar tidak basah terkena cipratan gelombang yang dihasilkan oleh kendaraan lain yang melintas dengan lambat, saya memarkirkan motor ditepian jalan untuk mengambil beberapa foto dan hasilnya lumayan seperti hasil jepretan fotografer professional dengan kostum yang menurut saya hampir seperti seorang jurnalis lapangan… …..tentunya dengan rompi yang baru walaupun bekas hahahahaha……(bingung :D)

Setelah mengambil beberapa dokumentasi sebagai barang bukti hehehehe…saya melanjutkan perjalanan menuju sekretariat Wanapal Sultra, setelah beberapa saat berkendara diatas motor kesayangan akhirnya saya tiba juga disekretariat Wanapal Sultra yang berada dikomplek BTN Griya Baruga Indah ternyata teman-teman sudah menunggu dengan senyum khas anak kost :D……

Dari rute perjalanan yang saya tempuh hari ini saya jadi berfikir apakah Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari sudah masuk dalam daftar langganan banjir…?? Berarti beberapa tahun sebelumnya masuk daftar tunggu dong…heheheheh….kayak calon jemaah haji aja pake daftar tunggu….

BanjirGenangan Air setelah hujan mengguyur Kota Kendari

 

Namun kenyataannya beberapa tahun belakangan ini santer terdengar berita baik media cetak atau elektronik yang menyiarkan tentang banjir dibeberapa daerah di Sulawesi Tenggara termasuk dalam kota Kendari, hal ini harusnya menjadi perhatian utama bagi semua kalangan termasuk masyarakat kota Kendari sebab bencana seperti ini tidak lepas dari kontribusi masyarakat itu sendiri dengan pola hidup dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita, juga peran pemerintah dalam menangani dan memberi perhatian terhadap tata kelola pembangunan kota yang ramah lingkungan. Hal ini dapat dirasakan beberapa tauhun ini dimana Kota Kendari sudah menjadi daerah langganan banjir dikarenakan beberapa hal yang kurang diperhatikan seperti pemahaman masyarakat tentang pengelolaan sampah, drainase yang buruk, akibatnya hujan yang turun dengan intensitas ringan sampai sedang dalam waktu yang relative singkat bisa membuat genangan setinggi betis orang dewasa dan meluap kemana-mana dengan membawa berbagai jenis sampah.

BanjirSalah satu ruas jalan yang digenangi air pasca hujan melanda

Foto & Kontributor : Yus “BC”/14-12-13 : 16.04

Leave a Reply

