Asera ( Konut ) Kalau Hujan Yaa Begini….!!!!

Posted: 24 June 2011 in Jalan - Jalan, RIMBA ANOA, Sekitar Sultra, Umum

Pertengahan januari 2011 yang lalu,kami bersama beberapa rekan dari MAHAPALA UNILAKI mendapat undangan kegiatan DIKLATSAR II dari teman-teman GERPAWALI SULTENG,setelah mempersiapkan beberapa peralatan & perlengkapan kami bersiap untuk berangkat menuju Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah,ada dua jalur yang dapat ditempuh dari Kota Kendari untuk dapat sampai ke Kabupaten Morowali yaitu Jalur darat dan Laut.

Kami memilih jalur darat, menggunakan jasa mobil sewa dengan tarif RP 150.000/ orang , perjalanan kami mulai dengan melewati perbatasan Kabupaten Konawe kemudian memasuki wilayah Kabupaten Konawe Utara ( Asera ). Kami tidak memilih jalur laut dikarenakan kondisi cuaca dan gelombang laut yang cukup tinggi pada waktu itu ditambah lagi salah seorang rekan kami saudara Farid Saleh mengidap Phobia Laut…hehehehe…..

Jalur darat yang kami lewati lumayan mengasikkan sampai memasuki daerah kecamatan Lasolo jalan yang beraspal walaupun masih terdapat lubang disisi-sisi jalan,memasuki daerah kecamatan Asera jalan mulai terasa sangat jelek terdapat banyak lubang di kanan kiri jalan dan badan kami mulai terasa pegal setelah kurang lebih 3 jam berada didalam mobil, sesekali teman-teman mengeluh dan berkata ” Hancur Pwaaa ” atau meledek salah seorang rekan dengan berkata ‘” Met Nah hehehe…” sebab yang kami bayangkan adalah sebuah perjalanan yang akan menyita banyak perhatian kami namun ternyata dibuyarkan oleh kondisi jalan yang sangat P A R A H .

Perjalanan kami lanjutkan,kali ini memasuki daerah pertambangan dan perkebunan kelapa sawit,jalan berlubang dan berlumpur mendominasi hampir disepanjang jalan terlebih lagi pada hari sebelumnya daerah tersebut diguyur hujan membuat kondisi jalan semakin parah bahkan beberapa mobil yang melewati jalan tersebut harus bersusah payah terkadang harus di tarik oleh mobil lainnya. mobil yang kami tumpangi pun mengalami hal yang sama,dengan kondisi tersebut kami harus turun agar mobil dapat melaju di jalan yang ” BECEK “.

Kami berangkat dari terminal Puuwatu kendari jam 08.00 dan baru tiba di perbatasan Sulawesi Tengah jam 15.00 setelah beristirahat kami melanjutkan perjalanan memasuki daerah Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah,hal yang tidak jauh berbeda adalah jalan yang sama sekali belum terjamah oleh pembangunan/pengaspalan.

Setelah melewati perjalanan yang sangat melelahkan karena seharian terguncang didalam mobil kamipun tiba Bungku ibukota Kabupaten Morowali pada jam 23.00 dan langsung menuju Sekretariat GERPAWALI SULTENG dimana rekan-rekan telah menunggu kedatangan kami.

*Foto By : Yus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s