Air di Lapulu : Sekarang makin Sulit

Posted: 6 July 2010 in Sekitar Sultra

Lapulu,Sultra- Indonesia, Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa air kehidupan seperti roda yang tak bisa berputar. Air memiliki banyak kegunaan yaitu sebagai kebutuhan untuk minum, masak, mandi, mencuci, serta masih banyak lagii yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Kelangkaan air bersih disebabkan karena musim kemarau yang telah melanda Indonesia. Kekurangan air bersih tidak hanya melanda desa dan kota-kota besar yang ada di Indonesia , buktinya di kota Kendari juga mengalami krisis air khususnya yang melanda lapulu kecamatan Abeli. Masyarakat yang ada di Lapulu selalu mengeluhkan air yang ada di tempat tinggal mereka khususnya yang mereka sambung kerumah mereka masing – masing telah berubah,.

Kata ibu “Lia ( 45 tahun ) yang merupakan salah satu warga yang sekitar 10 tahun tinggal di Lapulu mengungkapkan bahwa dulu air yang ada disini sungguh sangat bersih dan tawar. Tapi sekarang sudah tidak lagi tidak tahu apa yang menyebabkan air yang mereka milikii sudah menjadi air payau. Ini terjadi sejak tahun 2009, air yang di gunakan salama ini berasal dari sumur bor.

Ibu Hajra juga menambahkan bahwa “air yang mereka miliki tidak dapat dipergunakan lagi sebagaimana mestinya kecuali untuk mencuci dan mandi sedangkan untuk masak dan minum sudah tidak bisa lagi karena rasanya sudah menjadi payau. Sehingga mereka mempunyai alternatif lain untuk bisa memperoleh air bersih yang kemudian mereka gunakan untuk masak dan minum yaitu dengan cara membeli lagi pada mobill yang menyediakan air bersih, ujar “Akbar ( 31 tahun ) salah satu tokoh pemuda di lapulu mengatakan “yang mempunyai uang banyak tinggal memesan aja pada mobil penjual air bersih, tapi kalau warga yang gak punya uang mereka hanya bisa pasrah dengan keadaan tersebut”.

Mereka yang mempunyai keterbatasan ekonomi untuk mengatasi hal demikian hanya bisa mendatangi sumur – sumur yang masih memiliki air. Itupun masih harus meminta izin pada orang yang punya sumur, kadang mereka memperoleh air tapi kadang juga tidak mendapatkannya..

Hal ini sudah cukup lama di alami oleh warga lapulu mereka tidak bisa melakukan apa- apa untuk bisa mengatasi keadaam mereka, sebagian warga memprotes keras pada petugas Air namun tanggapan mereka tidak dihiraukan karena petugas Air juga tidak bisa melakukan apa –apa.

Dengan situasi seperti ini warga merasa jengkel sehingga waktu pembayaran Air mereka tidak mau membayar dengan alasan air yang mereka sambung gak bisa di gunakan untuk masak dan minum. Tetapi untuk warga yang tidak ambil pusing tetap membayarnya dengan alasan tidak mau membuat masalah pada petugas Air.

Semoga saja kelangkaan air bersih yang dialami oleh warga lapulu bisa teratasii dengan cepat, sehingga warga bisa hidup dengan sejahtera seperti dulu.
Sumber: Suara Komunitas.net. Foto oleh : Yus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s