Bombana yang Merana :REKLAMASI LAHAN TAMBANG EMAS DI BOMBANA DIABAIKAN

Posted: 6 May 2010 in RIMBA ANOA

REKLAMASI LAHAN TAMBANG EMAS DI BOMBANA DIABAIKAN

Kendari, 2/12 (ANTARA) – Aktivitas penambangan emas di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara telah merusak lingkungan daerah itu secara massif baik melalui penambangan liar maupun resmi dan diakui oleh pemerintah.
Perusahaan tambang yang beroperasi ternyata sama sekali tidak memikirkan bagaimana program reklamasi lahan setelah mereka selesai menguras kandungan emas yang ada di dalamnya, kata anggota DPRD Sultra Abdul Rahman Saleh, Rabu.
Ia mengungkapkan hal itu usai melakukan kunjungan kerja di Bombana untuk memantau langsung kondisi lahan di daerah tersebut terkait dengan aktivitas penambangan emas.
“Kita sangat prihatin dengan kondisi alam di sana yang telah rusak parah, sementara sama sekali tidak ditemukan adanya program dari perusahaan tambang untuk melakukan reklamasi lahan pasca penambangan dilakukan,” ujar Rahman.
Laporan yang mereka terima dari pihak DPRD Bombana menyebutkan, terdapat 26 perusahaan tambang yang beroperasi di Bombana, namun versi pemerintah jumlahnya hanya 13 perusahaan tambang saja.
Padahal, perusahaan pemilik kuasa pertambangan (KP) di seluruh dunia harus memiliki program reklamasi lahan setelah mereka tak lagi melakukan aktivitas eksplorasi maupun eksploitasi.
Standarisasi perusahaan tambang yang ada di Bombana juga masih meragukan karena dalam menjalankan aktivitas penambangan, teknologi yang digunakan ternyata masih sederhana, sama dengan para penambang tradisional.
“Mereka hanya didukung oleh izin dari pemerintah sebagai pemilik KP sementara penambang tradisional tidak. Tapi metode penambangannya sama sederhana,” jelas Rahman.
Bahkan dari 13 perusahaan tambang yang mendapat pengakuan dari pemerintah, hanya satu yang benar-benar memenuhi syarat karena memiliki kepala pertambangan yang bersertifikasi, sedangkan sisanya sama sekali tidak memiliki kepala pertambangan bersertifikasi.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s